PTK BK [ C.A.R of Guidance and Counseling]


Dadywallpaper Gambar Grup Buku Blog Terjemahan Gmail selengkapnya

  1. Contoh lain masalah yang berada di luar kemampuan Anda adalah: Kebisingan kelas karena ….. Penelitian Tindakan Kelas. Filed under: opini, referensi bk
    eko13.wordpress.com/2008/03/…/penelitian-tindakan-kelas/ – TembolokMirip
  2. howitzer’s Site – CONTOH PROPOSAL BIMBINGAN DAN KONSELING

    CONTOH PROPOSAL BIMBINGAN DAN KONSELING, Oct 15, ’07 12:00 AM for everyone ….. Next: PROPOSAL PTK UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
    nhowitzer.multiply.com/journal/item/1 – TembolokMirip
  3. JUDUL PENELITIAN TINDAKAN KELAS : KTI PTK

    Tolong saya diberi materi PTK untuk guru BK dan kalo ada disertai contoh PTK. Tolong dikirim ke email mgbk_jombang@yahoo.com
    ktiptk.blogspirit.com/…/judul-penelitian-tindakan-kelas.html – TembolokMirip
  4. Contoh ptk bk – .Pdf & Word Free Ebooks Download

    contoh ptk bk » apa pengertian oposisi » pengertian oposisi » makalah proses pengawasan manajemen » makalah pengawasan manajemen » inovasi adalah
    pdfdatabase.com/index.php?q=contoh+ptk+bkTembolokMirip
  5. Contoh contoh ptk bk – .Pdf & Word Free Ebooks Download

    Sponsored Links, contoh contoh ptk bk.full.rar · contoh contoh ptk bk [FullVersion] · [HIGHSPEED] contoh contoh ptk bk · [TRUSTED DOWNLOAD] contoh contoh
    pdfdatabase.com/index.php?q=contoh+contoh+ptk+bkTembolokMirip

     
  6. Program BK 2006-2007 — Drs. Bandono, MM

    Tolong Bapak bisa mengirimkan beberapa contoh judul PTK BK kepada saya. Saya guru BK di salah satu SMPN di Ponorogo, tepatnya SMPN 4 Ponorogo. Matur nuwun.
    bandono.web.id/2007/06/07/program-bk-2006-2007/ – TembolokMirip
  7. Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif « AKHMAD

    tlng di kasih contoh ptk bk. Balas. 6 IZOER 30 April 2009 pukul 22:31. PA PLEASE DEH CONTOH PTK BK SAYA SANGAAT BUTUH PISAN.
    akhmadsudrajat.wordpress.com/…/evaluasi-program-bimbingan-dan-konseling-komprehensif/ – TembolokMirip
  8. PENELITIAN TINDAKAN KELAS | Parapemikir

    Sumber: http://bk.sps.upi.edu/?p=114 · Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
    parapemikir.com/…/PENELITIAN+TINDAKAN+KELAS – TembolokMirip
  9. pojok bk: PTK BIMBINGAN KONSELING

    PTK BIMBINGAN KONSELING. PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )—Butir-Butir Penting. [materi blog] contoh slide 1 · [materi blog] scrolling text-marquee-html
    sukmonow.blogspot.com/…/ptkbimbingan-konseling.html – TembolokMirip
  10. CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS PTK TIK KTI PTK – Info

    om choi Berkata: Maret 14, 2009 pukul 4:22 pm | Balas. mana contoh judul PTK kami dikirimkan contoh proposal dan laporan ptk bimbingan dan konseling.
    spotindo.com/…/CONTOH+LAPORAN+PENELITIAN+TINDAKAN+KELAS+PTK+TIK+KTI+PTKTembolokMirip
Pencarian berhubungan dengan: contoh ptk bk
penelitian tindakan kelas bimbingan konseling contoh proposal ptk
Bimbingan Konseling

Pusat Informasi Bimbingan Konseling di Indonesia

« Newer Older »

April 11, 2008 • 4:15 am

Internet Application for Guidance and Counseling

Oleh : Eko Susanto

Abstract : This article briefly from any opinion about application computer technology for guidance and counseling. Any question about how to use computer technology in guidance and counseling to help client or administration activity in the office. This article to explain a few about application computer technology for guidance and counseling. Solution early from potency usage of computer technology for guidance and counseling, computer benefit for guidance and counseling.

Keyword: Computer Application, Internet, Guidance and Counseling

Preamble (Pendahuluan)
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau sering disebut ICT (Information and Communication Technology) menghadirkan tantangan baru bagi praktisi bimbingan dan konseling. Teknologi informasi dan komunikasi lebih cenderung pada eksploitasi peran dan fungsi dari Teknologi Komputer. Berbicara ICT berarti berbicara komputer baik pemanfaatannya, peran dan fungsinya dalam kehidupan. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya relevansi yang harus dilakukan oleh para prkatisi Bimbingan dan Konseling untuk menjawab tantangan ini. Keterampilan konselor atau praktisi bimbingan dan konseling dalam menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, merupakan salah satu wujud profesionalitas kerja konselor dalam pelaksanaan program layanan.

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan media dalam pelaksanaan program layanan bukan tujuan layanan, maka pemanfaatannya hanya sebagai media untuk melakukan pendekatan-pendekatan, pemberian informasi, promosi, konsultasi dan masih banyak lagi. Untuk hasil yang memuaskan maka konselor diharapkan dapat berperan sebagai operator dan memahami fungsi dan peran teknologi dalam pelaksanaan tugasnya. Dengan kegiatan training atau pelatihan baik personal maupun kolektif secara rutin diharapkan keterampilan-keretampilan tersebut dalam dipeoleh dalam waktu singkat.

Berkaitan dengan penmanfataan ICT (Information and Communication Technology) tulisan ini akan mencoba mengkaji pemanfaatan komputer berbasis internet sebagai media layanan bimbingan dan konseling.

Explaination (Penjelasan/Pembahasan)
Computer Technology Potency Usage for Guidance and Counseling
(Potensi Penggunaan Teknologi Komputer untuk Bimbingan dan Konseling)
Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari teknologi komputer dalam menunjang profesionalitas kerja konselor, maka konselor perlu mengetahui potensi apa yang terkandung pada teknologi komputer. Sampson , Kolodinsky, & Greeno 1997 menyatakan setidaknya ada 8 (delapan) potensi teknologi komputer berbasis internet yaitu :
email / surat elektronik, potensi penggunaan oleh konselor antara lain : untuk terapi, marketing, screening, client/therapist, surat menyurat untuk penjadwalan atau janji, monitoring inter-sessions, transfer rekaman klien, referral, masukan pekerjaan rumah, penelitian dan collegial professional. (Bowman & Bowman, 1998)
website / homepage potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk pemasaran/periklanan, diseminasi informasi, dan publikasi.
komputer video conference potensi penggunaan oleh konselor antara lain untuk therapy, pekerjaan rumah, referral dan konsultasi.
sistem buletin / listservs / newsgroups potensi penggunaan oleh konselor antara lain untuk konsultasi; referral /alih tangan kasus, sumber daya untuk informasi; dan kegiatan asosiasi professional. (Bowman & Bowman, 1998)
simulasi terkomputerisasi potensi penggunaan oleh konselor antara lain untuk supervisi dan pelatihan kompetensi.
pangkalan data / FTP (File Transfer Protocol) Sites potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk penelitian, sumber informasi bagi therapist, sumber informasi perpustakaan, transfer rekaman klien, penilaian dan analisis.
chatroom / electronic dicussion groups potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk terapi kelompok, membantu diri sendiri dan reinforcement (dukungan/pengukuhan).
software potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk pelatihan keterampilan dan keahlian, bantuan diri sendiri, dan pelatihan keterampilan pekerjaan rumah, dan pekerjaan rumah.
dari beberapa potensi penggunaan komputer berbasis internet diatas maka konselor dapat melakukan berbagai inovasi layanan bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan potensi tersebut, tentu dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan konselor.

Computer Technology Advantage for Guidance and Counseling
(Manfaat Aplikasi Teknologi Komputer untuk Bimbingan dan Konseling)
Berdasarkan potensi penggunaan komputer untuk konselor, dapat diuraikan manfaat penggunaan teknologi computer untuk Bimbingan dan Konseling (Sampson , Kolodinsky, & Greeno 1997). Setidaknya ada 28 (dua puluh delapan) manfaat dari penggunaan komputer berbasis internet terhadap profesi konseling, lihat table berikut :

Tabel Manfaat Komputer berbasis Internet untuk Bimbingan dan Konseling

No Manfaat Perangkat Komputer berbasis Internet yang digunakan
1. Bantuan diri Software
2. Client/therapist Email / surat elektronik
3. Collegial professional Email / surat elektronik
4. Diseminasi informasi Website / homepage
5. Dukungan / pengukuhan Chat rooms
6. Kegiatan asosiasi professional Newsgroups
7. Konsultasi a. Computer konferensi video, b. Newsgroups
8. Marketing Email / surat elektronik
9. Masukan Email / surat elektronik
10. Membantu diri sendiri Chat rooms
11. Monitoring inter-sessions Email / surat elektronik
12. Pekerjaan rumah a. Email / surat elektronik, b. Computer konferensi video, c. Software
13. Pelatihan keterampilan Software
14. Pelatihan kompetensi Simulasi terkomputerisasi
15. Pemasaran / periklanan Website / homepage
16. Penelitian a. Email / surat elektronik, b. Pangkalan data / FTP site
17. Penilaian dan analisis Pangkalan data / FTP site
18. Publikasi Website / homepage
19. Referral / alih tangan a. Newsgroups, b. Email / surat elektronik, c. Komputer konferensi video 20. Screening Email / surat elektronik
21. Sumber daya untuk informasi a. Newsgroups, b. Pangkalan data / FTP site
22. Sumber informasi perpustakaan Pangkalan data / FTP site
23. Supervisi Simulasi terkomputerisasi
24. Surat menyurat untuk penjadwalan / janji Email / surat elektronik
25. Terapi kelompok Chat rooms
26. Terapi a. Email / surat elektronik, b. Komputer konferensi video
27. Tindak lanjut post-therapeutic Email / surat elektronik
28. Transfer rekaman klien a. Email / surat elektronik, b. Pangkalan data / FTP site

Computer Based Internet for Guidance and Counseling
(Komputer Berbasis Internet untuk Bimbingan dan Konseling)

1. Internet Definition (Definisi Internet)
Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Internet bisa memberikan informasi yang sifatnya mendidik, positif dan bermanfaat bagi ummat manusia. tapi juga bisa dijadikan sebagai lahan kejelekan dan kemaksiatan. Hanya etika, mental dan keimanan masing-masinglah yang menentukan batas-batasnya apakah anda ingin menjadi seorang netter, hacker atau craker.

2. Internet Fundamentals (Dasar-dasar Internet)
Dalam dunia internet ada istilah yang dikenal dengan browshing yakni kegiatan menjelajah dalam dunia maya untuk mencari informasi. Browsing merupakan kegiatan mencari informasi dengan fasilitas bantu yang disebut Browser. Istilah kedua adalah Search Engine atau mesin pencari merupakan sebuah situs yang membantu mencari informasi diinternet. Istilah ketiga adalah Chating yakni kegiatan diskusi atau percakapan yang dilakukan dalam dunia maya.

a. Browser adalah “alat pemandu menjelajah internet” yang akan mengantar anda malakukan berbagai aktivitas di internet “dunia maya”. Program standar penjelajah internet yang biasa kita pakai adalah Internet Explorer, karena pada dasarnya internet explorer merupakan bagian dari paket program sistem operasi windows, sebenarnya masih banyak web browser lain yang dapat anda gunakan walaupun cara pemakaiannya sama.

b. Search Engine atau mesin pencari merupakan sebuah situs yang membantu mencari informasi diinternet. Hanya dengan mencantumkan sebuah keyword atau kata kunci secara otomatis search engine akan mencari dan menyajikan semua informasi yang mengandung kata tersebut kepada user atau pengguna. Untuk mengakses situs search engine dalam dilakukan dengan menggunakan fasilitas browser. Dalam dunia internet ada satu search engine yang sangat populer digunakan yaitu “google”.

c. Chatting
Layanan IRC(Internet Relay Chat), atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah sebuah bentuk komunikasi diintenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC. Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar fileatau meninggalkan pesan. Karenanya, selainuntuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh). Yahoo merupakan salah satu situs yang menyediakan fasilitas chatting yang cukup terkenal yakni yahoo messenger dengan softwarenya ymsr. Dengan fitur yang lebih lengkap seperti display foto, kamera (cam) dan suara (voice).
Dari berbagai uraian diatas maka seorang konselor dapat melakukan berbagai inovasi layanan bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan internet. Konselor mungkin dapat memulainya dengan merancang sebuah bentuk layanan yang berbasis internet kemudian menuangkannya dalam satuan layanan dan mengaplikasikannya.

Research record (Catatan Penelitian)
Berdasarkan pengamatan dilapangan pada penyelenggaraan mata kuliah Pengenalan Komputer pada Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Lampung, dari 6 kelompok bimbingan menunjukkan adanya respon positif dari anggota kelompok. Banyak mahasiswa yang senang dengan kegiatan bimbingan yang diintegrasikan dengan internet. Walaupun ada beberapa mahasiswa yang memberikan respon negatif, namun jumlahnya tidak signifikan, ternyata respon ini hanya berasal dari mahasiswa yang belum mahir menggunakan komputer dan belum familiar dengan internet.

Conclusion (Penutup)
Dewasa ini, penggunaan internet telah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan,
baik sosial, ekonomi, pendidikan, hiburan, bahkan keagamaan. Kita dapat mengetahui berita-berita teraktual hanya dengan mengklik situs-situs berita diweb. Demikian pula dengan kurs mata uang atau perkembangan di lantai bursa, internet dapat menyajikannya lebih cepat dari media manapun. Para akademisimerupakan salah satupihak yangpaling diuntungkan dengan kemunculaninternet. Aneka referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa tidak lagi perlu mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi-materi yang relevan dapat segera ditemukan. Selain menghemat tenaga dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui diinternet cenderung lebih up-to-date.

Buku-buku teks konvensional memiliki rentang waktu antara proses penulisan, penerbitan, sampai ke tahap pemasaran. Kalau ada perbaikan maupun tambahan, itu akan dimuat dalam edisi cetak ulangnya, dan itu jelas membutuhkan waktu. Kendala semacam ini nyaris tidak ditemui dalam publikasi materi ilmiah di internet mengingat meng-upload sebuah halaman web tidaklah sesulit menerbitkan sebuah buku. Akibatnya, materi ilmiah yang diterbitkan melalui internet cenderung lebih aktual dibandingkan yang diterbitkan dalam bentuk buku konvensional. Kelebihan sarana internet yang tidak mengenal batas geografis juga menjadikan internet sebagai sarana yang ideal untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh, baik melalui kursus tertulis maupun perkuliahan. Tentu saja ini menambah panjang daftar keuntungan bagi mereka yang memang ingin maju dengan memanfaatkan sarana internet.

Bagi mereka yang gemar bersosialisasi atau mencari sahabat, internet menawarkan berjuta kesempatan. Baik melalui email maupun chatroom, para pengguna internet dapat
menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya yang relatif murah. Apabila dalam surat menyurat konvensional yang
menggunakan jasa pos, sebuah surat bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu dalam
perjalanan lintas benua, maka sebuah email hanya membutuhkan hitungan detik untuk
dapat menjangkau segala sudut dunia.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya internet dapat menimbulkan suasana yang berbeda dalam menjalin hubungan antara konselor dengan klien. Tapi internet hanya sebatas alat atau media dalam penyelenggaraan layanan bimbingan konseling bukan sebagai tujuan, maka konselor juga perlu memperhatikan efektifitas penggunaannya. Keberhasilan layanan yang diberikan amat tergantung dari keterampilan konselor dalam mengelola layanan bimbingan dan konseling.

Reference Library (Daftar Pustaka)

Triyanto, Agus. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. No. 01 Th. I, Januari 2006.
Universitas Negeri Yogyakarta.
Soemantri, Maman. (2006). Mengenal kebutuhan keahlian computer di perguruan tinggi.
(http://www.geocities.com/-mmsomantri/butuhkmpdipt.htm)

Ramadhani, Graifhan. (2003). Modul Pengenalan Internet.
(http://dhani.singcat.com/files/pengenalan_internet.pdf)

Hines, Peggy La Turno. (2003). Student Technology Competencies for School
Counseling Programs. (http://jtc.colstate.edu/vol2_2/hines/hines.htm)

Cabaniss, Khaterine. (2003). Computer-Related Technology Use By Counselors in the
Millennium Journal of Technology in Counseling.
(http://jtc.colstate.edu/vol2_2/cabaniss/cabaniss.htm)

Filed under: Bimbingan, konseling

3 Responses

  1. Oky Pahreisy says:

    Nah, itu dia mas eko. Waktu PLP di SMKN 1 Cimahi, MGBP/MGBK Cimahi juga pernah diusulkan untuk mengadakan program Upgrade ICT Skill for School Counselors. Tapi responnya, masih terkesan “alergi”. Padahal di internet kan sudah masuk ke sekolah-sekolah. Computer ruang BP/BK juga sudah online, namun para praktisinya masih jarang yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

    Hal ini kontra sekali dengan para remaja (siswa) yang cenderung lebih PD dan maju dalam dunia maya dengan fasilitas FS, WP, Blog dan Face Book-nya.

    Spesifik untuk network layanan karir saja, padahal dengan internet, guru BP/BK dapat menyediakan free assesment seperti pada situs-situs counseling luar negeri, untuk beragam kebutuhan (pribadi, sosial, akademik dan karir) siswa, belum lagi link informasi-informasi kalanjutan studi baik dalam dan luar negeri dapat dengan mudah diakses via internet.

    Oleh karena itu, mari galakkan budaya intenet tenaga kependidikan, terutama guru-guru BK dan para praktisi dunia bimbingan dan konseling, untuk kemajuan profesi kita. Gambate!

    Salam

  2. wawan says:

    Assalamualaikum…
    Salam sukses mas Eko!!!
    maturnuwun sanget (terima kasih banyak) blognya tlah memberikan motivasi dan pengetahuan yang lebih pada saya…semoga tetep istiqomah dlm menyampaikan berbagai pengetahuannya…
    Mau minta pendapat nich, gmana kalo ngembangin alat2 non tes kaya: problem cheklist, who am I dsb.. melalui internet, jd siswa bisa manfaatinnya di luar sekolah? (rencana mw bikin skripsi tu) atau ada masukan yg lain… mohon di balas via email nggih! terima kasih banyak.
    wassalamualaikum…

  3. wawan di malang says:

    Assalamualaikum….
    Mas Eko, mohon masukannya, Saya mau mengajukan skripsi tentang penerapan inventori non-test (dcm & who am I) melalui internet/berbasis web, kira2 gimana? atau ada masukan lain (tetep berhubungan ict). terimakasih sebelumnya
    Wassalamualaikum…

 
 

Leave a Reply

Logged in as emilanakhosy. Log out »

<!–XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <pre> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

–>

Notify me of follow-up comments via email.

Daftar Blog

daftar Temen2 BK

referensiku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s